Kepincut, Ketua Persit KCK Hasanuddin Borong Kain Tenun Khas Sultra

1,298

 

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin, Hj. Endang Suprapti Surawahadi, saat menunjukkan kain tenun Sultra yang dibelinya. Foto: Nanan/Lenterasultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Berkunjung ke Kota Kendari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin, Hj. Endang Suprapti Surawahadi menyempatkan diri menjajal kain tenun khas Sultra. Ia mengunjungi outlet Sultra Tenun dan Tourism Center di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Selasa (3/9/2019).

Kunjungannya ini tidak seorang diri. Ia memboyong rombongan sebanyak 20 orang pengurus Persit.

Tak tanggung-tanggung, selama 45 menit berada di outlet Sultra Tenun, istri Mayor Jenderal TNI Surawahadi ini memborong berbagai jenis tenunan khas Sultra, diantaranya tenun motif pinetobo khas Suku Tolaki dan Bombana.

Endang Surawahadi mengatakan, kunjungannya ini untuk memperkenalkan tenun Sultra kepada ibu-ibu persit dan juga masyarakat.

Menurutnya, kain tenun merupakan salah satu budaya yang diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang. Kain tenun tersebar hampir di seluruh pelosok negeri. Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam kain tenun yang cantik dan tentu memiliki ciri khas tersendiri.

“Kain tenun Sultra memiliki kualitas berbeda, kalau dipakai tidak panas, kainnya adem dan bisa bersaing keluar. Karya lokal seperti ini harus kita lestarikan dan eksplor suupaya orang di luar mengenalnya,” ungkapnya.

Beebagai motif yang diborong, akan dipamerkan pada Gebyar Karya Kartini yang akan berlangsung di Jakarta pada 16 s.d 18 Oktober 2019.

Sementara itu, Owner Sultra Tenun dan Tourism Center, Wa Ode Arnas Gusri, mengaku merasa senang outletnya mendapat kunjungan dari Ketua Persit bersama rombongan.

“Kami sangat bersyukur dan senang bisa mendapat kunjugan dari ibu Pangdam yang mengapresiasi tenun lokal Sultra. Tenun Sultra memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri yang tidak bisa dijumpai di daerah lain,” katanya.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU