Lagi, Jemaah asal Kendari Wafat

439

 

Jemaah haji di tanah suci. Foto istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sitti Nurjanah binti H. Sandarako Arpani, Jemaah Haji asal Kota Kendari meninggal dunia Minggu, (4/8/2019). Korban meminggal di Rumah Sakit (RS) yang ada King Faizal Malik di Mekkah sekitar pukul 21.30 waktu Mekkah.

Korban adalah wanita berusia 81 tahun. Almarhumah merupakan warga Jalan Anawai, RT/RW 01/06, Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Umroh (Kasi PHU) Kementerian Agama Kota Kendari, Marwijid mengatakan, almarhumah masuk dalam kategori jemaah dengan resiko tinggi (Risti). Hal itu diduga menjadi penyebab meninggalnya almarhumah.

“Dari kategori umur, almarhumah masuk dalam kategori usia lanjut,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (5/8/2019).

Menurutnya, jenazah tidak akan dibawa ke Indonesia. Almarhumah akan langsung dimakamkan di sana.

“Jemaah haji yang meninggal ketika menunaikan rukun islam ke lima langsung dimakamkan di Mekkah. Tidak ada jemaah yang dipulangkan jika meninggal di tanah suci. Yang dikembalikan hanya barangnya saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, informasi tersebut telah diteruskan kepada pihak keluarga korban. Bahkan, pihaknya juga telah mengunjungi kediaman keluarga almarhumah.

Ia berharap, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan. Selain itu, ia juga berpesan kepada para jemaah masih berada di Mekkah untuk selalu menjaga dan memperhatikan kesehatan. Sehingga proses ibadah berjalan lancar sampai proses pemulangan nanti.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU