Gempa 4,1 SR Guncang Wanggudu

559

Titik lokasi lokasi gempa di Wanggudu. Foto: istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gempa bumi dengan kekuatan 4,1 skala ricther (SR) mengguncang wilayah Wanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara sekitar pukul 11.12 wita, Rabu (19/6/2019).

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.21 LS dan 121.82 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 50.5 kilo meter (KM) barat laut Wanggudu, pada kedalaman 10 kilo meter.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Matarombeo di barat laut Wanggudu.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Wanggudu II-III MMI.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia mengatakan, gempa yang mengguncang wilayah Wanggudu berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 11.40 wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keberannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tulisnya melalui rilis resmi.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU