Struktur Bangunan Pasar Laino Mulai Diuji

598
Tim ahli konstruksi UHO melakukan pengujian struktur bangunan pasar Laino. (KINONG/LENTERASULTRA.COM)
Related Posts

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berencana akan menggunakan bangunan pasar Laino dalam waktu dekat. Sebelum digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji kontruksi struktur bangunan oleh tim tim teknis dari Universitas Haluoleo (UHO).

Tim yang berjumlah enam orang itu diketuai oleh Abdul Kadir. Mereka akan bekerja mengidentifikasi seluruh bagian bangunan selama tiga hari (Sabtu-Senin).

Kata Abdul Kadir, pelaksanaan uji teknis dimulai pada struktur kolom dan balok bangunan. Kolom dan balok cor dibetel untuk mengetahui secara detail spesifikasi bahan yang digunakan.

“Kita mau lihat ukuran dan jarak antara besinya,” kata Kadir.

Dari uji teknis akan dilakukan dengan uji beban hidup. Dimana, pada bagian plat tertentu akan dibebani air, setelah itu akan diamati defleksi selama 24 jam.

“Dari situ akan diketahui apakah ada perubahan bentuk pada balok dalam arah akibat adanya pembebanan vertikal yang diberikan pada balok atau batang,” ungkapnya.

Secara visual, struktur bangunan diangap baik. Tidak ada keretakan berat yang dijumpai. Hanya saja ada beberapa balok yang mengalami keretakan. Makanya, itu yang akan diuji.

“Hasil uji konstruksinya kita akan analisis dan mensimulasi perilaku sesungguhnya dilapangan dengan memasukan pada suatu software. Dari software itu akan kelihatan apakah struktur sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) atau tidak. Nah, dari situ kita akan simpulkan apakah struktur bisa digunakan secara keseluruhan atau hanya bagian tertentu,” ungkapnya.

Untuk hasil uji kontruksi tidak akan memakan waktu lama. Setelah selesai nantinya, hasilnya akan diserahkan ke Pemkab. “Hasilnya kita tuangkan dalam rekomendasi,” tandasnya.

Reporter: Kinong
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU