Koperasi Karya Bahari TKBM Kendari Gelar RAT 2018

2,171
Ketua Koperasi Karyawan Karya Bahari TKBM Pelabuhan Kendari, La Ode Alimin (empat dari kiri) berpose bersama KSOP kelas II Pelabuhan Kendari, Benyamin Ginting dan GM Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju (ketiga dari kanan), usai RAT di kantor Koperasi Karya Bahari, Rabu (27/3/2019)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Koperasi karyawan Karya Bahari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Kendari menggelar rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2018. RAT ke-29 ini dilaksanakan di kantor koperasi Karya Bahari, jalan Pembangunan, Kelurahan Dapu-Dapura, Kota Kendari, Rabu, (27/3/2018).

Rapat Anggota Tahunan tahun 2018 ini dihadiri, GM Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju, kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Benyamin Ginting, perwakilan Dinas Perindag serta Dinas Tenaga Kerja Kota Kendari serta pengurus dan anggota koperasi  Karya Bahari, TKBM Pelabuhan Kendari.

Ketua Koperasi karyawan Karya Bahari, Pelabuhan Kendari, La Ode Alimin mengatakan, pelaksanaan RAT dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban tahun buku 2018 lalu. Dalam RAT tersebut, tidak ada masalah di internal yang dibahas. Pengurus hanya membacakan laporan pertanggungjawaban terkait pelaksanaan program kerja dan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun.

“RAT ini merupakan kewajiban konstitusional yang harus dilaksanakan oleh koperasi. Dan khusus Koperasi Karya Bahari TKBM Pelabuhan Kendari, RAT ini rutin setiap tahun dilaksanakan sejak tahun TKBM Kendari terbentuk tahun 1990 lalu,” kata Alimin.

Asri, Ketua Pengawas Koperasi Karyawan Karya Bahari, TKBM Pelabuhan Kendari saat membacakan laporan pengawas dalam RAT tahun 2018

Pria yang berdomisili di Gunung Jati, kota Kendari ini menambahkan, selaku ketua Koperasi Karyawan Karya Bahari, dirinya sangat mengapresiasi kinerja dan kerja sama pengurus, pengawas dan anggota koperasi hingga dapat melaksanakan RAT dengan sukses. Alimin juga berharap dan berupaya untuk tetap memajukan koperasi Karya Bahari demi melayani kebutuhan anggotanya.

Sementara sekretaris koperasi Karyawan Karya Bahari TKBM Pelabuhan Kendari, Arifin menambahkan, pelaksanaan RAT yang rutin dilaksanakan ini menjadi bukti bahwa pengurus memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan dan memajukan koperasi. “Rapat Anggota Tahunan bagi koperasi menjadi implementasi dan semangat yang harus hidup sebagai forum tertinggi,” katanya.

Menurut Arifin, salah satu indicator sehat tidaknya koperasi yaitu adanya rapat anggota tahunan dan kebijakan tidak boleh keluar dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Dan Arifin pun bersukur karena koperasi Karya Bahari TKBM Pelabuhan Kendari bisa melaksanakan hal itu, bahkan rutin dilaksanakan sampai puluhan tahun. “Sekarang pemerintah atau pengambil kebijakan di pelabuhan Kendari bisa menilai dan mengevaluasi mana koperasi yang sehat dan mana koperasi yang tidak sehat,” sambungnya.

Sementara General Manager Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan, sebagai operator di Pelabuhan Kendari, dirinya merasa berterima kasih karena telah menjadi mitra yang baik antara Pelindo Kendari dan TKBM di Pelabuhan Kendari. Meski begitu, Debby meminta agar Pelindo dan TKBM terus menjalin kerja sama yang baik  dan yang tak kalah penting adalah untuk selalu bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas yang ada di Pelabuhan Kendari.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU