Jelang Pilpres, Blangko e-KTP Kota Kendari Habis

444
Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Persediaan stok blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendari kosong. Atas persoalan ini Disdukcapil setempat tidak bisa melakukan pencetakan e-KTP bagi penduduknya yang sudah melakukan perekaman.

“Sejak Desember 2018 lalu, kami sudah kehabisan blangko e-KTP,” kata Halili, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari, kepada wartawan lenterasultra.com, di ruang kerjanya. Untuk mengantisipasi kekosongan tersebut, pihaknya hanya mengeluarkan surat keterangan (Suket), sebagai kartu identitas sementara kepada warga Kota yang sudah melakukan perekaman.

Sampai awal Januari 2019 ini sambung Halili, Disdukcapil Kendari sudah mengeluarkan sekitar 1.000 suket kepada warga Metro. Habisnya blangko e-KTP tidak didiamkan berlarut-larut. Mantan Asisten 3 Kota Kendari ini mengaku, sejak awal Januari lalu, pihaknya sudah bersurat ke Direktur Jendral  (DIRJEN) Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk penambahan blangko. Jumlah blangko e-KTP yang diusulkan sebanyak 15.000 keping.

“Insya Allah hari Kamis besok (Kamis 10/1/2019, red), saya akan ke Jakarta untuk mengurus blangko e-KTP,” tulis Halili, via aplikasi WhatsAppnya, kepada Sahar, wartawan lenterasultra.com. Halili menambahkan, keberangkatannya ke Jakarta, sekaligus menjemput langsung blangko e-KTP yang diusulkan atau yang setujui Kementrian Dalam Negeri kepada Disdukcapil kota Kendari.

Halili menerangkan, pengadaan e-KTP, sebanyak 15.000 blangko itu, hanya untuk persiapan sampai bulan April atau sebelum dilaksanakan pemilihan umum. “Blangko e-KTP yang kami usulkan untuk persiapan sebelum dilaksanakan pemilu. Penambahan blangko e-KTP disebabkan ditahun 2019 belum ada tender dari pusat untuk e-KTP yang dialokasikan di kota Kendari. Makanya pada awal tahun 2019 ini, kami mengusulkan blangko e-KTP sebagai antisipasi kekurangan menjelang pemilu,” ungkap Halili.

Reporter : Sahar
Editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU