Plt Kadis ESDM Turun Jabatan, 16 Staf Jadi Pejabat Struktural

1,497
Suasana Pelantikan 42 Pejabat Eselon II dan III oleh Gubernur Sultra Ali Mazi di Ruang Pola Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Senin (7/1/19).

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Memasuki pekan kedua tahun 2019, Gubernur  Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, kembali merombak kabinetnya. Sasarannya kali ini adalah sejumlah pejabat eselon tiga dan dua. Jumlahnya, sebanyak 42 orang.

Banyak yang menarik dari rotasi keempat, pasca Ali Mazi dan Lukman Abunawas dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Selain munculnya sejumlah wajah-wajah pegawai dari beberapa Kabupaten dan Kota, persoalan lain yang menarik adalah pergantian DR. Andi Makkawaru Isa Zarny Jassin.

Sekretaris sekaligus Plt Kepala Energi Sumber Daya Alam (ESDM) Sultra ini dicopot dari jabatannya dan dimutasi menjadi Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Badan Penelitian dan Pengembangan Sultra.

Meski berada dieselon yang sama yakni III.a, namun penempatan Andi Makkawaru sebagai kepala bidang, membuat jabatannya turun dari Sekretaris menjadi Kepala bidang di instansi yang berbeda. Sebagai penggantinya, Ali Mazi mempercayakan Ir Andi Aziz, yang sebelumnya menjabat, Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan sebagai Sekretaris ESDM.

Related Posts

Tidak hanya itu, pengangkatan sejumlah staf Pemprov yang dipromosi menjadi dilevel eselon tiga di sejumlah Dinas menjadi warna tersendiri dari rotasi pertama Ali Mazi di awal tahun 2019 ini. Sesuai daftar lampiran, surat keputusan gubernur nomor 36, tentang pengangkatan pejabat Sekretaris daerah, tercatat 16 staf yang dilantik menjadi kepala bidang di sejumlah Dinas.

Diantaranya, Demawan Gani dari staf Dinas ESDM menjadi kepala bidang Energi Baru Terbarukan di instansi yang sama, Yusmin staf di ESDM menjadi Kepala Bidang Mineral dan Batubara diinstansi yang sama, DR. I Gede Panca, staf Dinas Pariwisata dipromosi menjadi Kepala bidang Infrastruktur dan pengembangan Wilayah Bappeda serta Laode Muhammad Shalihin, guru madya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilantik menjadi Kepala bidang pembinaan guru dan ketenagaan di Dinas yang sama.

Selain itu ada juga nama La ode Kardini. Mantan kepala dinas di Kabupaten Muna ini dilantik menjadi Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Muhammad Rajulan dipromosi menjadi  Sekretaris Dinas Cipta karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang serta Abdul Rahim menjadi kepala bidang Bina Marga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga.

Saat memberikan sambutannya, Ali Mazi berharap, jika pelantikan kali keempatnya itu bisa dimaknai sebagai kepentingan organisasi bukan untuk kepentingan tertentu serta bukan menempatkan figur-figur pejabatnya. “Pelantikan ini dalam rangka penataan organisasi serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Reporter : Pebrianto

Editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU