Perbaikan Jalan Rusak di Kota Kendari Dianggarkan Rp 69 M

642
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Kendari, Tigor Sihite

Kendari, Lenterasultra.com-Jalan rusak dan berlubang hampir ditemukan di sejumlah titik di dalam kota Kendari. Masalah ini kerap dikeluhkan semua pengguna jalan di kota Lulo, karena bisa mengamcam keselamatan pengendara.

Kerusakan jalan di beberapa ruas jalan ibu kota Provinsi ini, rupanya sudah dipikirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk dilakukan perbaikan. Bahkan anggarannya sudah disiapkan sebesar Rp 69 miliar.

Anggaran tersebut melekat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Kendari, Tigor Sihite menjelaskan, anggaran itu dikucurkan untuk perbaikan beberapa titik yakni di Jalan Malik Raya, Jalan Supu Yusuf, Jalan Abunawas, dan KONI.

“Jadi, alur pengerjaannya nanti akan dipihak ketigakan dan masih dalam proses tender. Namun diharapkan di bulan Juli ini akan dilakukan pengerjaan,” katanya.

Tigor mengatakan, dengan alokasi anggaran yang akan dikucurkan tersebut, bisa meminimalisir kerusakan jalan di Kota Kendari. “Kami berharap kedepan kita masih mendapatkan dana yang lebih banyak agar banyak juga jalan yang dikerjakan untuk kenyamanan masyarakat,” harapnya.

Tigor menambahkam, penyebab kerusakan jalan di Kota Kendari diantaranya dipengaruhi oleh jumlah tonase mobil yang melebihi kemampuan jalan. Padahal sebenarnya, jalan yang ada hanya membolehkan mobil dengan muatan 8 ton. Namun mobil yang melewati jalan kota tonasenya bisa lebih dari 8 ton.

“Sering dilewati mobil bermuatan beray lebih darikapasitas, maka kondisi jalan kita jadi rusak. Memang disejumlah wilayah yang mengamali kerusakan yang cukup parah, diantaranya Jalan Malik Raya, Jalan Supu Yusuf, Jalan Abunawas, dan KONI,” pungkas dia. (Isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU