Dinas Kominfo Ajak Mahasiswa dan Pelajar Melawan Hoax

482
Dinas Infokom mengadakan dialog melawan hoax dengan melibatkan pelajar SMP, SMA hingga mahasiswa dan masyarakat. (Hengki)

LENTERASULTRA.com – Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi tak bisa dihindari. Tak hanya menyajikan fakta, sebagian berita-berita yang beredar malah jauh dari kondisi sebenarnya. Jika tak ada filter, informasi yang diterima akan menjadi salah satu penyulut perpecahan. Nah, mengantisipasi hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Kota Baubau, mengadakan dialog melawan hoax di era digital, bersama kelompok masyarakat, mahasiswa, pelajar SMA dan SMP di Kota Baubau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Baubau, Senin (14/5).

“Informasi yang sudah benar namun memberikan dampak, kita sebaiknya menahan untuk tidak menyebarkan, apa lagi informasi yang tidak baik,” ungkap, H Idrus Taufik Saidi, Kepala Dinas Infokom Kota Baubau.

Di Baubau kata H. Idrus, ada salah satu akun di media sosial memposting berita yang meresahkan masyarakat. Meski tidak menyebut nama akun itu, namun kata dia sebuah komunitas sudah mengadukan hal itu ke Dinas Infokom, sehingga akun itu akan dihapus.

“Peluang penghapusan salah satu akun grup di Baubau ini sangat besar. Hal tersebut menjadi catatan dan tidak menutup kemungkinan kedepan ada lagi gugatan atau pengaduan masuk ke Kominfo,” lanjutnya.

Langkah untuk menindaklanjuti pengaduan kata dia sudah dilakukan, dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Sayangnya, tidak ada alat untuk mengetahui IP Address, sehingga pihaknya akan langsung ke Kementerian Kominfo atau badan cyber negara.

Ia berharap, melalui kegiatan itu dapat meminimalisir penyebaran informasi hoax di Kota Baubau.(hengki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU