Capain Vaksinasi di Bombana, Rumbia Tengah Peringkat Satu, Poleang Tengah Juru Kunci

60
Darwin Ismail (tengah) Kepala Dinas Kesehatan Bombana

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Akhir tahun 2021 tersisa sepuluh hari lagi. Semua pihak mulai dari desa, lurah, dan canat serta kepala puskesmas di Kabupaten Bombana terus berpacu memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mengejar capaian target vaksinasi. Hingga Senin (20/12/2021), baru Puskesmas Rumbia Tengah berada di posisi pertama sementara Poleang Tengah berada di juru kunci.

“Dari 22 puskesmas yang ada di Kabupaten Bombana, Puskesmas Rumbia Tengah menjadi satu-satunya puskesmas yang telah merealisasikan 100 persen target vaksinasi yang dibebankan. Puskesmas Rumbia Tengah kini berada di peringkat pertama capaian vaksinasi di Bombana,” kata Darwin  Ismail, Kepala Dinas Kesehatan Bombana.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bombana ini mengatakan, capaian vaksinasi Puskesmas Rumbia Tengah dituntaskan saat perayaan HUT Bombana, ke-18, Sabtu (18/12/2021). Dari sasaran vaksinasi sebanyak 5.281, penduduk yang sudah divaksin dosis satu sebanyak 5.300 atau 100,36 persen. Sementara dosis dua yakni 3.234 atau sekitar 61,24 persen.

-IKLAN-

Sementara puskesmas yang capaian vaksinasinya paling rendah adalah Poleang Tengah. Dari sasaran 2.947 yang divaksin dosis satu baru 1.135  atau 38,51 persen. Sementara dosis dua lebih rendah lagi yakni, 525 orang atau 17,81 persen.  Sedangkan puskesmas yang capaiannya masuk 10 besar adalah, Puskesmas Rarowatu Utara, Matausu, Lantari Jaya, Kabaena Utara, Kabaena, Kabaena Selatan, Kabaena Barat dan Kecamatan Masaloka Raya.   Capaian vaksinasi dosis satu di sembilan puskesmas ini paling rendah 68,95 persen dan tertinggi 84,18 persen.

Darwin menegaskan, bagi puskesmas yang capaian vaksinasinya masih rendah, dia meminta agar mengoptimalkan kinerjanya dengan memanfaatkan waktu yang tersisa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melibatkan semua lintas sektor di kecamatan mulai dari babinsa, bhabinkamtibmas, camat, kepala desa, lurah, dusun hingga semua elemen lainnya. “Usahakan target 70 persen bisa tercapai hingga akhir Desember 2021 nanti,” harapnya.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.