Vaksinasi Menambah Daya Tahan Tubuh hingga Menangkal Penyakit Lain

38
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bombana Darwin Ismail

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-  Program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah pusat sangat dirasakan manfaatnya oleh Darwin. Usai menerima vaksinasi covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana ini tidak hanya merasa kekebalan atau daya tahan tubuhnya meningkat, penyakit sinusitis yang dia derita selama ini tidak pernah kambuh lagi.

“Saya ini mengidap sinusitis. Biasanya kalau sudah capek, pasti menderita flu. Tetapi setelah divaksin, tidak lagi saya rasakan hingga sekarang,” kata Darwin, kepala Dinas Kesehatan Bombana, saat ditemui di kantornya, Kamis (25/11/2021). Padahal sebelum dia merima vaksin, sinusitisnya sering akut. Dalam sebulan, kambuh antara empat hingga lima kali.

Apa yang dirasakan Darwin ini, juga dialami saudaranya bernama Dahniar. Sebelum menerima suntikan vaksinasi, penyakit asma saudaranya sering kambuh juga. Namun setelah vaksin, mengalami perubahan dan jarang akut. Darwin mengaku, apa yang dia alami dan rasakan itu, ia berpendapat jika vaksinasi ini bukan hanya mencegah covid-19 karena membantu sistem kekebalan tubuh, tapi juga mampu mencegah penyakit lain yang dideritanya. “Ini sesuai dengan yang saya alami dan rasakan usai menerima vaksinasi,” katanya.

-IKLAN-

Sejak vaksinasi digalakan di Kabupaten Bombana, Darwin mengaku sudah tiga kali menerima suntikan vaksinasi covid-19. Jenis vaksin sinovac, menjadi vaksin dosis pertama yang diterima tubuhnya. Tidak lama menyusul jenis serupa untuk dosis kedua. Setelah lengkap menerima vaksin, dia kembali menerima vaksin dosis ketiga jenis moderna. “Kalau ada vaksin keempat lagi, saya akan terima karena manfaatnya memang saya rasakan,” sambungnya.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bombana ini menambahkan, selama dia menjabat orang nomor satu di Dinas Kesehatan Bombana, dirinya belum pernah mendapat laporan terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI). Oleh sebab itu, dia mengharapkan kepada masyarakat Bombana yang belum pernah sama sekali menerima vaksinasi covid-19 untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksin atau puskesmas di dekat tempat tinggalnya.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.