Vaksinasi Nakes di Bombana Melebihi Target

39
Kepala Dinas Kesehatan Bombana Darwin, saat meresmikan ruang bermain ramah anak di Puskesmas Rarowatu Utara. Foto : Nuryadi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bombana terus digenjot. Dari lima kelompok penerima vaksin, baru tenaga kesehatan (nakes) yang capaian vaksinasinya melebihi target. Sementara empat kelompok lainnya masih dibawah 50 persen.

“Alhamdulillah untuk vaksinasi tenaga kesehatan sasarannya tercapai bahkan melebihi target yang ada. Namun ini untuk pemberian vaksin dosis satu dan dua jenis vaksin sinovac. Ini data pertanggal 8 November 2021,” kata Darwin, Kepala Dinas Kesehatan Bombana.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bombana ini menambahkan, sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Bombana yakni 1.041 orang. Yang sudah divaksin covid dosis satu sebanyak 1.269 orang atau 121, 90 persen. Sedangkan divaksin dosis dua yakni 1.044 orang atau 100,29 persen.

Sementara untuk vaksin dosis tiga dengan jenis vaksin moderna, jumlah nakes yang sudah divaksin masih dibawah 50 persen. Dari 1.041 sasarannya, yang telah menerima vaksin dosis tiga yakni 471 orang atau 48,24 persen. Sehingga yang belum menerima suntikan dosis tiga sebanyak 570 orang.

-IKLAN-

Darwin mengatakan, masih kurangnya pemberian vaksinasi dosis tiga bagi tenaga kesehatan ini disebabkan karena, nakes yang ada masih fokus memberikan pelayanan vaksinasi kepada seluruh warga Bombana.

“Hampir setiap pekan kami melaksanakan program sepekan vaksin. Tenaga kesehatan yang ada disemua puskesmas dilibatkan dalam kegiatan ini. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab capaian vaksinasi dosis tiga bagi nakes masih minim,” kata Darwin.

Namun begitu, Darwin memastikan bahwa capaian vaksinas dosis tiga bagi nakes ini akan tercapai sebelum akhir tahun 2021 ini. Selain itu, dia juga tetap menggenjot capaian vaksinasi untuk empat kelompok penerima, mulai dari masyarakat umum, pelayan publik, warga lanjut usia dan remaja berusia 12 hingga 17 tahun. “Mudah-mudahan target yang dberikan pemerintah pusat bisa terealisasi,” ungkap Darwin.

Penulis : Nuryadi
Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.