Masyarakat Umum Dominasi Pemberian Vaksin di Hari Keempat Sepekan Vaksin Tahap Sembilan

39
Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana, Darwin Ismail (kiri) didampingi Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Program sepekan vaksin tahap sembilan yang digelar Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara diserbu masyarakat di daerah itu. Faktanya, selama empat hari kegiatan ini digelar, penduduk Bombana yang menerima suntikan vaksin bertambah 6.500 orang. Dari jumlah ini, kelompok masyarakat umum paling banyak disuntik vaksinasi covid-19.

“Target vaksinasi dalam program sepekan vaksin tahap sembilan ini sebanyak 19.736. Di hari keempat pelaksanaanya sudah terealisasi 6.500 orang atau sekitar 32,56 persen,” kata Darwin, kepala Dinas Kesehatan Bombana. Darwin merinci, dari lima kelompok penerima vaksinasi covid-19, masyarakat umum dan remaja paling banyak menerima suntikan vaksin.

Rinciannya, untuk masyarakat umum sebanyak 4.187, disusul remaja 2.015 orang, lanjut usia 210 orang serta pelayan publik 79 dan tenaga kesehatan 9 orang. Menurut Darwin, capaian vaksinasi ini berdasarkan laporan yang diterima dari 22 puskesmas yang bertugas melaksakan program sepekan vaksin di kecamatan masing-masing.

-IKLAN-

Darwin bilang, ada tiga puskesmas yang capaian vaksinasi dihari keempat sepekan vaksin tahap sembilan telah melebihi target diatas 50 persen. Puskesmas itu adalah Kabaena. Dari target 450 orang, puskesmas di wilayah kepulauan ini, capaian vaksinasinya sudah 322 orang atau 71,56 persen.
Kedua Puskesmas Kabaena Timur. Dari sasaran vaksin 1.022 orang, yang sudah direalisasikan sebanyak 574 orang atau sekitar 56,16 persen. Sedangkan berada diposisi ketiga capaian vaksinasi terbanyak dengan target 842 dan terealisasi sebanyak 428 orang atau 50,83 persen.

Sementara capaian vaksinasi 19 puskesmas lainnya masih dibawah 50 persen. Namun Darwin optimis jika capaian vaksinasi 19 puskesmas ini masih terus naik, mengingat waktu pelaksanaan vaksinasi masih tetap berlanjut. “Kami upayakan apa yang menjadi target dari pemerintah pusat bisa terealisasikan sebelum akhir tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Penulis : Nuryadi
Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.