Kebakaran Hebat di Kota Lama Kendari, Lima Ruko Luluh Lantak

335
Kobaran api masih terlihat di toko Simpatik Jaya, salah satu dari enam toko yang terbakar di kawasan kota lama Kendari. Foto : Adhi

KENDARI, LENTERASULTRA.COM– Si jago merah mengamuk lagi di kawasan kota lama, Kelurahan Dapu-dapura, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Akibat kebakaran tersebut lima rumah toko (ruko) luluh lantak, sementara satu ruko lainnya juga ikut terbakar namun tidak menghanguskan semua isi di dalamnya.

Lima ruko yang hangus terbakar yakni toko Jupiter, toko Metro, toko Zion Jaya, Simpatik Jaya dan Sinar Kencana. Sementara satu toko yang sempat dilalap si jago merah adalah Sinar Alam. Hingga pukul 09.08 WITA, personel pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Kendari, masih melakukan upaya pemadaman.

Sebab, dibeberapa toko seperti toko Simpatik Jaya, toko Metro masih terlihat kobaran api meski tidak lagi membesar. Kepulan asap hitam juga masih terlihat ditiga toko yang ikut terbakar yakni Zion Jaya, Jupiter dan Sinar Kencana.

Kebakaran enam ruko di kawasan kota lama Kendari terjadi Minggu (3/10/2021) sekitar pukul 02.30 WITA. Api cepat menghanguskan ruko-ruko dua lantai tersebut, karena posisi ruko yang saling berdempetan. Selain itu,  ruko-ruko yang terbakar juga menjajakan berbagai kebutuhan yang mudah terbakar. Mulai dari kebutuhan sembilan bahan pokok, alat kebutuhan nelayan hingga elektronik.

Personel polisi dari Polsek Kemaraya mengamankan lokasi kebakaran dengan memasang garis polisi di sepanjang toko yang terbakar. Foto : Adhi

-IKLAN-

Di belakang enam ruko ini, petugas kebakaran kota Kendari terlihat masih melakukan upaya pemadaman. Mereka berupaya memadamkan kobaran api di toko Simpatik Jaya sehingga tidak membesar dan merembet ke rumah-rumah warga.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari, Junaidin Umar menurunkan kurang lebih 130-an personil untuk memadamkan kobaran api. Mereka berada di tempat kejadian sekitar pukul tiga dini hari. “Mulai jam 3 subuh, kami berada disini. Sampai saat ini, kami masih terus berupaya melakukan pemadaman,” kata Junaidin Umar saat ditemui di lokasi kebakaran sekitar pukul 09.00 WITA.

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Kendari, memadamkan sisa api yang masih ada di belakang toko Simpatik Jaya. Foto : Adhi

Sejak personelnya menerima laporan kebakaran hingga pukul 09.30 WITA, Junaidin Umar sudah tidak mengetahui lagi, berapa jumlah mobil pemadam kebakaran yang datang silih berganti melakukan upaya pemadaman. Yang jelas, setiap kali datang, ada empat mobil yang melakukan pemadaman. Sekitar pukul 08.30 WITA, satu unit mobil water canon dari satuan brimobda Sultra juga turun melakukan pemadaman.

Di lokasi kebakaran, juga tampak Wakapolres Kendari, Kompol Alwi dan beberapa personel polisi dari Polsek Kemaraya turut melakukan pengamanan. “Sejauh ini ada enam ruko yang terbakar. Untuk korban jiwa, belum ada laporan sampai saat ini,’ kata Alwi di lokasi kebakaran.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU