Permandian Goa Maobu dan Makanan Tradisional Kadampi Buteng Masuk Nominasi API Award 2021

760
Maobu Cliff Jumping Buton Tengah. Ist. 

BUTENG, LENTERASULTRA.COM – Destinasi wisata permandian Goa Maobu yang terletak di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, masuk nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 kategori wisata air. Tidak hanya itu, makanan khas daerah Buton bernama Kadampi yang terbuat dari singkong dan gula merah juga masuk nominasi makanan tradisional.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin mengatakan, dari 18 kategori ajang API Award tahun 2021, pihaknya telah mengusulkan dua nominasi yang berpotensi dapat bersaing dengan destinasi wisata daerah lainya secara nasional. Ini tahun kedua Pariwisata di Buteng masuk nominasi ajang API Award. Sebelumnya, Pasir Timbul Bone Labunta juga telah menyabet penghargaan juara tiga sebagai wisata terpopuler pedatang baru API Award tahun 2020.

Makanan tradisional Buton Tengah, Kadampi. Ist. 

“Dua nominator API Award yang diikutsertakan yaitu permandian Goa Maobu yang disebut Maobu Cliff Jumping atau atraksi di atas tebing masuk nominator wisata air dan makanan khas Kadampi masuk kategori makanan tradisional,” kata Wujuddin saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (02/09/2021).

-IKLAN-

Terkait hal tersebut, Wujuddin mengharapkan kepada seluruh masyarakat Buton Tengah untuk secara bersama-sama mendukung melakukan voting yang telah dimulai dari 1 Juli- 31 Oktober tahun 2021. Tujuan voting ini untuk mendapatkan poin tertinggi dari tim panitia API Award sehingga wisata air Maobu maupun makanan khas Kadampi dapat mendapatkan juara API Award tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin. Ist. 

“Ada tiga cara melakukan voting yaitu dengan cara like instagram Maobu Cliff Jumping di akun @ayojalanjalanindonesia, melakukan SMS dengan ketik API 8E untuk wisata air Maobu dan makanan tradisioanal Kadampi ketik API 1 C dan kirim ke 99386 dan tonton dan like video youtube Maobu Cliff Jumping di channel @apiaward. Kami optimis wisata Maobu dan makanan khas Kadampi mendapatkan penghargaan API Award dengan bantuan dukungan masyarakat,” ungkapnya.

Wujuddin menambahkan, pariwisata Buteng yang dipimpin Bupati H. Samahuddin akan terus berkembang dengan memaksimalkan potensi wisata keindahan panorama alam seperti halnya pantai dan goa sehingga Buton Tengah yang juga sebagai daerah religi dan dijuluki Negeri 1000 Goa dapat dikenal secara nasional maupun mancanegara.

“Pak Bupati disamping memajukan pembangunan infrastruktur beliau juga terus kembangkan destinasi wisata untuk dikenal secara nasional. Melalui ajang API Award Pak Bupati sangat mendukung dengan mengajak seluruh masyarakat dan seluruh OPD se-Buteng untuk melakukan voting dengan harapan dua nominator ini mendapatkan hasil sesuai harapan,” pungkasnya. (Adv)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.