Jepang Donasi Rp81,4 Miliar untuk Indonesia Tangani Covid-19

27

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Jepang memberikan hibah darurat senilai lebih dari USD5,6 juta atau Rp81,4 miliar untuk membantu Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. Dana tersebut dialokasikan untuk sumbangan 2.800 oxygen concentrator melalui the United Nations Office for Project Services (UNOPS).

“Bantuan ini bertujuan untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang,” demikian siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang dikutip dari asiatoday.id.

Pemerintah Jepang menyatakan akan terus memberikan dukungan terhadap upaya Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19 melalui berbagai bantuan. Lewat dana hibah yang sama, Jepang juga mengirimkan sebanyak 2,16 juta dosis vaksin yang telah diserahkan tanggal 1 dan 15 Juli 2021. Vaksin hibah dari Jepang diharapkan dapat berkontribusi pada pencegahan penyebaran penularan Covid-19 di Indonesia.
Jepang bertekad untuk terus bekerjasama dengan negara lain dan organisasi internasional terkait, dalam memberikan berbagai bantuan agar pandemi Covid-19 bisa berakhir secepatnya. Bantuan Jepang untuk Indonesia tidak lepas dari komunikasi antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi melalui telepon maupun saat pertemuan bilateral di sela-sela konferensi tingkat menteri (KTM) G20 di Italia pada 29 Juni 2021. (ATN)
Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU