175 Dokter di Sultra Terpapar Covid-19, 1 Diantaranya Meninggal Dunia

988
dr. Rabiul Awal, Ketua IDI Sultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM
Sebagai garda terdepan, dokter dan tenaga kesehatan lainnya sudah berjuang melawan pandemi Covid-19. Bahkan diantara mereka, banyak yang sudah terpapar hingga harus kehilangan nyawa. Meski begitu, masih saja ada segelintir orang yang menyepelekan Covid-19.

Di Sulawesi Tenggara jumlah dokter yang terpapar virus Corona tidak sedikit. Hingga Rabu (7/7/2021) ini, jumlahnya menembus angka 175 orang.
“175 dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan kumulatif sejak awal Covid-19 ditemukan di Sultra awal tahun lalu hingga awal Juli 2021 ini,” kata dr La Ode Rabiul Awal, Sp.B(K)BD,FICS ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra.

Mengenai rincian dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19, dokter Wayong, sapaan akrab La Ode Rabiul Awal, menyerahkan hal ini kepada rekan sejawatnya, dr Agus Purwo, SP.An yang juga menjabat sebagai ketua Satgas Internal IDI. Saat dihubungi via ponselnya, dokter Agus mengatakan, 175 dokter yang terpapar virus Corona terdiri dari 55 dokter spesialis serta 120 dokter umum.

“Data ini berdasarkan update hari ini hingga pukul 16.00 WITA,” tulis dokter Agus melalui WhatsAppnya, Rabu (7/7/2021). Dari jumlah tersebut, 159 dokter diantaranya dinyatakan sembuh, 1 rekan sejawatnya meninggal dunia, serta 15 orang masih dalam perawatan.

-IKLAN-

Tenaga dokter yang terpapar Covid-19 tersebar dibeberapa Kabupaten. Diantaranya Konawe, Konawe Selatan serta terbanyak dari Kota Kendari. Dokter yang terpapar Covid-19 ini, rata-rata mengalami gejala ringan dan sedang. “Alhamdulillah, tidak ada ada yang gejala berat. Hanya gejala ringan dan sedang,” kata dokter Agus.

Dokter yang terpapar Covid-19 ada yang sedang dirawat di rumah sakit Bahteramas, ada juga yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.
Mengenai dimana mereka teepapar, dokter Agus bilang tidak bisa dipastikan, sebab di kota Kendari saat ini, sudah banyak transmisi lokal, mobisasi masyarakat dan dokter juga tinggi, sehingga belum bisa dipastikan dimana terpaparnya. “Yang jelas ada juga dari pasien dan lingkungan rumah sakit,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Baddala mengatakan, di Sultra saat ini sudah ada 170 dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19. Data ini terungkap saat rapat bersama Forkopimda terkait pemberlakuan PPKM di Kota Kendari, di posko satgas Covid-19, Selasa (6/7/2021). Mengenai data pastinya, Ridwan Baddala tidak mengetahui hal itu. Yang jelas, dengan banyaknya tenaga dokter yang terpapar Covid-19, Ridwan tetap mengingatkan kepada seluruh warga Sultra untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU