Elektabilitas AHY dan Demokrat Semakin Moncer

128

Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono melejit. Sejumlah lembaga survei telah mengumumkan hal itu.

Melejitnya, elektabilitas putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini dipengaruhi karena berbagai hal. Mulai dari rajinnya AHY berkeliling ke daerah-daerah, AHY merupakan figur muda yang disenangi dan diterima masyarakat.

Selain itu, hasil dari beberapa lembaga survei menyebutkan, naiknya elektabilitas AHY dan partai Demokrat karena keberhasilan menangani upaya kudeta yang sempat melanda internal partai berlambang mercy tersebut, beberapa waktu lalu.

“Naiknya pamor Partai Demokrat di survei tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal Partai Demokrat, khususnya isu Kongres Luar Biasa yang  meramaikan perbincangan di publik,” kata Bagus Balghipeneliti Akar Rumput Strategi Consulting (ARSC), dikutip dari republik merdeka.

Sementara hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) merilis elektabilitas tokoh potensial maju di Pemilu 2024. Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA menyebutkan,  elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat AHY mencapai 15,51 persen. “Ini melampaui elektabilitas partainya sebesar 13,22 persen,” kata Herry dalam rilis persnya.

Dalam rilisnya, CISA juga  menempatkan AHY sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi kedua. Versi CISA tokoh dengan elektabilitas pertama adalah Anies Baswedan dengan 19,2 persen. Elektabilitas Partai Demokrat juga berada di urutan kedua setelah partai pemenang pemilu 2019, Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan persentase 18,91 persen.

Hasil survei ini merupakan review termin kedua survei berkala yang telah dilakukan sebelumnya pada bulan Februari 2021. Berdasarkan hasil survei CISA yang dimulai sejak tanggal 27 Mei – 1 Juni 2021 yang menyasar 1.600 responden di 34 Provinsi, secara proporsional melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bombana, Rumiyantilo  mengapresiasi kinerja dan hasil dari berbagai lembaga survei tersebut. Anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 serta 2019-2024 ini, merasa sangat optimis elektabilitas AHY akan terus meningkat.

Hal ini bukan tidak berdasar, dengan jiwa muda dan kapasitasnya sebagai tokoh politik yang bukan pejabat negara, AHY memiliki waktu yang banyak serta keleluasaan untuk tetap melanjutkan berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia, untuk mendatangi rakyat, bukan untuk menunggu didatangi.

“Bagi saya hasil survey ini mencerminkan tingkat kepercayaan publik atas kapabilitas ketua umum kami AHY, sebagai calon pemimpin bangsa masa depan. Oleh karena, kami seluruh kader di Bombana akan lebih masif lagi dalam mensosialisasikan AHY kepada masyarakat baik di Bombana maupun di Sulawesi Tenggara pada umumnya,” kata Rumiyanto.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU