Waspada, Mutasi Virus India dan Afrika Selatan Sudah Menyebar di Indonesia

22

Indonesia Kini Peringkat 8 di Dunia Tercepat Vaksinasi Covid-19

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Indonesia sudah harus mulai waspada. Pasalnya, dua mutasi Covid-19 dari India telah menyebar di Indonesia, dimana kasus mutasi virus itu ditemukan di DKI Jakarta.

“Hal ini udah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo bahwa sudah ada temuan mutasi virus baru yang masuk dari India,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021).

Selain dari India, mutasi virus covid-19 dari Afrika Selatan juga dikonfirmasi telah ditemukan di Indonesia dimana satu kasus ditemukan di Bali.

“Selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, ada juga mutasi dari India dan Afrika Selatan,” jelasnya, dikutip dari asiatoday.id.

Budi mengatakan mutasi ini masuk kategori variant of concern atau mutasi yang memang sangat diperhatikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebab, penularan virus relatif lebih tinggi dari mutasi sebelumnya.

“Karena masih sedikit, maka tugas kita segera melakukan isolasi untuk yang terkena, disiplin melakukan testing, tracing, dan yang paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” imbuh Budi.

Budi optimis virus dan mutasi apapun akan bisa dicegah dengan protokol kesehatan.
“Itu sebabnya mengapa pemerintah terus-menerus mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua di manapun dan kapan pun,” tandasnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

Buruh Tolak THR Dicicil

Para pekerja meneriakkan slogan-slogan saat protes menuntut kenaikan upah di Jakarta 1 November 2013. (Foto: Reuters/Beawiharta) JAKARTA,…