Kanada Dukung Pengembangan UMKM di Nusa Penida, Bali

62

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Kanada menunjukkan dukungannya dalam pengembangan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali. Dikutip dari asiatoday.id, sebagai wujud dukungan itu, Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay mengunjungi Nusa Penida, Klungkung, Bali, Senin (29/3/2021). Kunjungan tersebut terkait dengan program kerja sama antara Pemerintah Kanada dengan Indonesia, dalam pengembangan UMKM di Nusa Penida.

“Kami mengapresiasi kerja sama dengan pemerintah Kanada. Dalam kerja sama ini, Kanada bersama Pemda akan memberikan pelatihan kepada UMKM di Nusa Penida,” kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Selasa (30/3/21).

Nusa Penida terpilih karena merupakan pusat pembangunan di Kabupaten Klungkung. Jika pariwisata berkembang maka sektor lain ikut berkembang. Sebaliknya, kendati pariwisata lesu seperti saat ini akibat pandemi, namun sektor UMKM harus tetap produktif.

“Akibat pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat yang awalnya bergerak di industri pariwisata, beralih profesi menjadi wirausaha di bidang pertanian seperti rumput laut, singkong, mangga, dan kelapa,” kata Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta berjanji akan terus memantau perkembangan dari peserta pelatihan dan memastikan produk hasil dari pelatihan ini masuk pasar global.

“Sebelum ada pelatihan ini, produk kami sudah berkualitas namun rantai pemasaran yang panjang menyebabkan harga dipasaran menjadi tinggi. Kita berharap selain memberi pelatihan, Dubes Kanada akan membantu ekspor produk komoditi Nusa Penida ke Kanada.  Jalur ekspor dipangkas agar harga lebih mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya. (ATN)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU