Penerapan Forum Satu Data Indonesia di Kendari Mulai Dilakukan

583
Kepala BPS Kota Kendari, Ir Martini, didampingi Asisten I Kota Kendari, Ir Agus Salim, saat membuka sosialisasi satu data Indonesia. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait pembahasan data publikasi Kota Kendari, Kamis (11/2/21). Hal ini dilakilan sebagai upaya penerapan peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari, Martini mengungkapkan, dalam perencanaan pembangunan, hal yang memegang peranan penting adalah data. Dengan ketersediaan data dan informasi yang handal dan dapat dipercaya akan sangat berguna sebagai acuan bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan, monitoring, dan evaluasi terhadap pelaksanaan program untuk mencapai hasil maksimal.

“Data merupakan gambaran berbagai macam indikator kesejahteraan sosial seperti kependudukan, pendidikan, kesehatan, fertilitas dan KB, perumahan, konsumsi/pengeluaran, serta keadaan sosial ekonomi lainnya,” ungkap Martini.

Diharapkan dengan adanya penerapan Satu Data Indonesia yang terhimpun dalam satu file ini dapat membantu para pengguna data dalam memenuhi kebutuhan data yang diinginkan.

Sementara itu, Asisten I Kota Kendari Ir. Agus Salim yang turut hadir dalam pembukaan
Focus Group Discussion (FGD) mengatakan, dalam penerapan satu data Indonesia merupakan babak baru dalam tata kelola data dan informasi statistik struktural yang dimana sebelumnya statistik struktural dikelola oleh masing-masing instansi. Namun saat ini sudah mengikuti apa yang dimandatkan undang-undang. (C)

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU