2 Mahasiswa UHO Tewas, Kapolda Sultra Dicopot

392
Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto (kiri. (ILHAM/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COMKapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Iriyanto dicopot dari jabatannya. Ia dimutasi ke posisi Irwil III Itwasum Polri. Sedangkan tongkat Kapolda Sultra selanjutnya akan dipegang oleh Brigjen Pol Merdisyam yang saat ini menjabat sebagai Dirsosbud Baintelkam Polri.

Dimutasinya Pria Kelahiran Magelang, 6 Juni 1966 itu, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2569/IX/2019 yang ditandantangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Pol Eko Indra Heri. Dalam surat tersebut, terdapat 20 perwira tinggi dan perwira menengah yang mendapat mutasi. Nah nama Iriyanto tertulis dalam deret tersebut di baris kelima.​​

Rencananya, serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sultra akan dilaksanakan di Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin, (30/9/2019). Sertijab akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Adapun mutasi tersebut seiringan dengan insiden tewasnya 2 mahasiswa Unuversitas Halu Oleo (UHO) yang melakukan aksi demonstrasi RKUHP dan RUU KPK di Gedung DPRD Sultra pada Kamis, (26/9/2019) kemarin. Dua mahasiswa yang tewas itu adalah, Randi (21), Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Yusuf Kardawi (19), Mahasiswa Fakultas Teknik.

Randi tewas karena diduga terkena peluru tajam yang digunakan oleh aparat kepolisian. Sedangkan Yusuf meninggal lantaran kepalanya kena benturan keras akibat bentrok dengan aparat kepolisian. Berbeda dengan Randi yang langsung tewas begitu tiba di RS, Yusuf justru sempat mendapatkan pertolongan medis terlebih dahulu.

 
Reporter: Mita Ayu
Editor: Restu Fadilah
Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU