KB Engdept UHO Galang Dana Peduli Korban Gempa Lombok

1.270

Kendari,Lenterasultra.com-Pasca gempa dahsyat dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 5 Agustus 2018 lalu, ratusan ribu penduduk pulau itu kini hidup dalam ketidakpastian.

Mereka mengungsi secara mandiri ke tempat-tempat yang dirasa aman. Hingga Sabtu (11/8), menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat telah terjadi 521 kali gempa susulan dengan total korban 387 orang tewas dan 13.688 orang lainnya luka-luka.

Selain itu, BNPB juga menyebut, sebanyak 387.067 orang mengungsi, 67.875 unit rumah rusak, 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, serta 20 perkantoran mengalami kerusakan.

Melihat banyaknya korban dan masifnya kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana ini, Keluarga Besar English Department Universitas Halu Oleo (KB Engdept UHO) berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana bagi korban gempa dimaksud.

Salah seorang inisiator penggalangan dana, Nurul Ittaqullah mengungkapkan, penggalangan dana yang dilakukan oleh KB Engdept UHO tidak hanya terbatas pada alumni dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UHO, namun juga terbuka bagi masyarakat umum lainnya.

“Kami terbuka bagi siapa saja masyarakat yang ingin berdonasi, dengan nominal berapapun pasti akan kami terima,” ucap Nurul.

Nurul menjelaskan, ada dua cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat jika ingin berdonasi melalui KB Engdept UHO. Pertama, masyarakat dapat melakukannya melalui transfer ke rekening bank yang telah ditunjuk dan cara kedua dengan memberikan dana tunai ke pihak KB Engdept UHO.

“Untuk via transfer ke rekening bank, kami menyediakan tiga rekening sekaligus yakni BRI, BNI, dan BCA. Hal ini untuk mempermudah teman-teman yang ingin berdonasi karena jika hanya menggunakan satu rekening saja, nantinya akan terkena biaya tambahan karena melakukan transfer inter-branch,” imbuhnya.

Sementara itu, inisiator penggalangan dana lainnya, Yunisa, mengatakan, gerakan KB Engdept UHO mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Di hari pertama pasca dimulainya gerakan ini, telah terkumpul dana sebanyak ratusan ribu rupiah.

“Alhamdulillah, kami dapat sambutan yang positif dari masyarakat. Hari pertama saja sudah terkumpul ratusan ribu. Semoga di hari-hari berikutnya semakin banyak dana yang terkumpul sehingga dapat mengurangi beban penderitaan saudara-saudara kita di Lombok,” harapnya.

“Semua dana donasi yang masuk baik itu melalui transfer bank maupun tunai akan kami catat dan salurkan seutuhnya kepada para korban gempa di Lombok. Nantinya kami juga akan membuat laporan pertanggungjawaban kepada publik atas kegiatan yang kami lakukan ini,” pungkasnya.

Berikut daftar rekening bank yang digunakan KB Engdept UHO dalam menghimpun dana peduli korban gempa Lombok:

Bank BRI 713401003267536 a.n Rona Fajar Wana, Bank BNI 0271445757 a.n Yunisa, serta Bank BCA 7910783682 a.n Nur Fitri Hamid.

Bagi para donatur yang telah melakukan transfer donasinya diharapkan melakukan konfirmasi dengan menghubungi Rona Fajar Wana di nomor 085250206693, Yunisa di nomor 082292012340, serta Nur Fitri Hamid di nomor 082319021054. (Isma)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU